how to make black and white photo.

Tuesday, January 26, 2010

Untuk mendapatkan foto hitam putih yang pas memang gampang-gampang susah. Yang jelas harus pas agar foto yang dihasilkan tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang dan yang paling penting setiap detail gambarnya diusahakan jangan sampai ada yang hilang. Nah saya mau berbagi nih ceritanya. Udah banyak yang nanyain foto-foto hitam putih di postingan kemarin gimana ngeditnya. Baiklah saya akan coba berbagi disini :)

Ini dia foto aslinya. Diambil dengan ISO 400, shutter speed 1/200 s, diafragma f/2,8.



Ada banyak cara untuk menghitam-putihkan gambar di Photoshop. Bisa langsung desaturate, bisa juga lewat channel mixer atau langsung di menu black and white. Namun saya lebih suka menggunakan gradient map karena warna yang dihasilkan lebih soft. Pilih menu Image > Adjustment > Gradient Map, lalu pilih yang warnanya hitam putih.


gradient map

Nah, untuk lebih mempertegas detail yang hilang kita gunakan shadow & highlight. Hal ini penting untuk mempertegas hairlight agar rambut tidak keliatan nge-blok. Pilih Image > Adjustment > Shadow and Highlight. Disini bisa digeser-geser sesuai selera sampai didapat hasil yang diinginkan.



Terlihat detil rambut si anak kecil lebih terlihat jelas disini. Selanjutnya tinggal mengubah brightness dan contrass. Sesuai dengan keinginan apakah ingin lebih terang atau lebih gelap. Disini saya naikkan sedikit curvenya.

Selanjutnya saya tambahkan sedikit vignette. Filter > Distort > Lens Correction. Nah di bagian vignette bisa di geser-geser sesuai selera.



Dan hasilnya adalah seperti ini:



Bisa ditambahkan burning dan dodging di tempat-tempat tertentu juga sesuai kreasi. Cukup sederhana sebenarnya. Tapi semoga postingan ini bermanfaat. :)

6 comments:

  1. waah, aku biasanya pake menu black and white, hhee.
    sering2 posting yang beginian yaa, mir :D

    ReplyDelete
  2. hahaha iya ini sharing2 ajaa. semoga bermanfaat :D

    ReplyDelete
  3. asoy nih mira mari ber-BW ria.!

    ReplyDelete
  4. bukannya mudah make menu bw dan tinggal geser2 dikit hihihi

    ReplyDelete
  5. @wiraa: mariii

    @geblek: hahaha kan tergantung selera mas. saya lebih suka yg begini. hehe

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS