nostalgia harvest moon.

Wednesday, November 3, 2010

sekitar 10 tahun yang lalu, saat masih duduk di kelas 6 SD, kalian (dih sok sok ada yang baca blognya. hahaha) pernah terkena demam harvest moon ga? saya pernah banget! saat itu play station di rumah yang hanya bisa dimainkan sabtu-minggu saja itu selalu saja menjadi rebutan. padahal game-game PS yang lain saya ga gitu suka. jadinya yang saya mainin setiap saat itu ya harvest moon!

game ini simpel sih, mesti nyari duit dengan cara bertanam, beternak, bisa juga menambang dan menjual hasil-hasil hutan. dan tak lupa juga silaturahmi dengan warga desa harus dijaga. edan lah saya ingat saya merengek-rengek minta dibeliin buku gameguide nya jaman dulu. dan dibeliin, dan saya pun nyaris hapal isinya. dan omongan dengan teman-teman di SD seperti eccik, dian, dan yang lain yaa seputar harvest moon pasti.

kemarin si jono iseng ngedonlot harvest moon buat dimainin pake emulator di PC. tadinya sih ga excited, biasa aja. saya cuma cerita ke jono tentang kegilaan saya dengan harvest moon dulu sampai dia takjub karena saya se-freak itu hahahaha. dan setelah ngobrol-ngobrol dipikir-pikir seru juga kalo main lagi tapi dengan kemampuan kita sekarang. pasti jauh beda sama kemampuan pas jaman SD. no gameshark, seperti yang pernah saya lakukan dulu (hahaha). daaan akhirnya sekarang saya dan jono kecanduan parah sama game ini. sampe-sampe main gantian, trus ceting atau sms juga omongannya harvest moon. sampai-sampai diskusi nyusun strategi biar kebunnya kece, sekarang mah pas mau bertani jg pilih-pilih bibitnya pake itung2an dulu mana yang paling untung ga kaya jaman dulu yang asal tanem aja.  dan yang paling keren adalah, saya akhirnya ngerti semua dialognya yang memang pake bahasa inggris. yaaah dulu anak kelas 6 SD kan bahasa inggrisnya masih cupu parah dibandingin sama yang sekarang. asik lah pokoknya mengulang kembali.

eh tapi game ini ga cuma game biasa loh. banyak pesan-pesan yang bisa saya dapatkan. diantaranya:
  • ga boleh boros dan beli apa-apa itu harus pake prinsip prioritas. yah kecuali punya budget yang ga terbatas. jangan kaya jono yang belum punya domba udah beli clipper aja. sungguh boros.
  • ternyata mencari uang itu susah. jadi jangan suka berhura-hura atas sesuatu yang ga penting.
  • petani itu pekerjaannya berat sekali dan melelahkan. hargai mereka, teman!
  • jika kita menyayangi binatang, mereka pun akan membalas kebaikan kita. (di harvest moon: jika kita rajin menyikat sapi dan domba, dan mengajak mereka ngobrol hingga parameter hatinya penuh, mereka juga akan memberi susu dan bulu dengan kualitas yang baik dan harganya mahal).
  • sayangi alam. atau alam akan murka. (di harvest moon: ketika ingin menebang pohon tua di hutan, ia akan marah dan membuat kita pingsan. nah loh!)
  • hubungan dan interaksi dengan manusia itu penting. jangan asik dengan dunia virtual karena memanusia itu jauh jauh lebih asik (di harvest moon: tidak baik autis di ladang sendiri karena kalau kita ngga berinteraksi dengan warga desa, kita ga bisa pacaran sm cewe yang kita mau. hahaha).
tuh kan, game ini bagus sekali. tapi dampak buruknya adalah: kecanduan dan menyebabkan malas melakukan hal yang lain. hahaha oke saya sudahi saja postingan yang tidak penting ini dengan menunjukkan desktop terbaru saya dengan wallpaper harvest moon.

9 comments:

  1. ihiy
    Namaku disebut.. :D:D

    tp kok warnya gk biru kyk eccikk ;((
    (hwhw, komen gk penting)

    oia, ada satu pesan penting lg mir... :
    Game ini sungguh mendidik.
    hoho

    Knp ???

    karena,
    vocabulary kt ttg bumbu dapur dan tanaman jd nambah..

    aku tau vinegar itu cuka dr harvest moon lohhh... xDD

    amazing kan game ini ..

    ReplyDelete
  2. hahahaha iya betuuuul. bhs inggris jadi asoy.
    itu ngga biru karena ngga di link ke blogmu. ntar aku link deh biar ga kalah biru dr eci

    ReplyDelete
  3. ahh miraa..
    itu juga mainan fav aku hahaha selain the sims,
    bener bgt, dulu PS jadi rebutan pas weekend (derita kk yg ngalah k adik :( )
    aaahh~~ jadi kangen deh mir hahahay

    ReplyDelete
  4. hahaha,aku sama si dipa juga pernah keranjingan ini,sampe kalo telp2an malah ngomongin ayam udah berapa,udah nikah apa belum :D paraaahh

    ReplyDelete
  5. hahaha sama aja ternyata aku jg begitu

    ReplyDelete
  6. wahhh, harvest moon

    aku udah main sampe 10 tahun loh mirl, tapi kok anak nya gak gede-gede ya? *bingung*

    ReplyDelete
  7. weks emang iya? anak yang aneh hahahhaha

    ReplyDelete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS