mencoba menulis setelah membaca.

Thursday, October 28, 2010

dua bulan belakangan ini, ada beberapa buku yang saya baca. hitungannya cukup banyak sih mengingat semenjak kuliah terkadang saya suka (sok) sibuk sehingga banyak buku yang terlantar menjerit-jerit minta diselesaikan. sekarang setelah membaca saya ingin mencoba menulis sedikit tentang buku-buku itu. bakalan panjang nih postingan. :D

The Thirteenth Tale (Dongeng Ketiga Belas) - Dianne Satterfield

"apakah kamu percaya hantu?" tanya vida winter, kepada margaret, calon penulis yang akan menulis buku biografinya.
vida winter merupakan seorang penulis dongeng yang sangat terkenal dengan buku-bukunya yang terjual laris. di usianya yang menuju senja, vida selalu menutupi jati diri aslinya dengan memberikan cerita yang berbeda ke setiap wartawan yang mewancarai dirinya. tidak ada yang tahu siapa sebenarnya seorang vida winter. hingga suatu hari seorang wartawan dengan jaket coklat mewancarainya. "katakan yang sebenarnya", kata wartawan itu. pertanyaan itu terus mengusik nyonya winter hingga ia mengundang margaret, seorang penulis amatir untuk menulis biografi dirinya.
nyonya winter menceritakan kisah hidupnya yang kelam. rumah tua keluarga angelfield yang nyaris ambruk, seluruh penghuninya - isabelle yang cantik dan aneh, si kembar adeline dan emmeline yang liar dan abnormal, pengurus rumah, tukang kebun, serta hantu di dalamnya. margaret semakin tenggelam dalam kisah itu dan akhirnya rahasia-rahasia pun terungkap dan margaret juga harus berdahapan dengan hantu dari masa lalunya sendiri.
buku ini mejik! begitu kelam namun tetap indah. yah mungkin karena memang saya suka cerita dongeng begini. semua orang pasti berfikir benar-benar ada hantu di cerita ini, pada awalnya. namun semakin menuju halaman terakhir, semakin menganga kita dibuatnya. ternyata dari awal kita hanya dipermainkan oleh si penulis yang jenius. sangat-sangat recommended!

Fantasia Impromptu - [Rei]

tidak ada alasan khusus saya memilih membaca buku ini. cuma iseng membeli karena harganya yang murah sekali dan judulnya yang unik saat mengubek-ubek tumpukan buku obralan di pameran buku. tapi ternyata bukunya lumayan juga. disini terdapat beberapa cerita yang tidak ada korelasinya. jadi mirip kumpulan cerpen. disini semua ceritanya berawal di sebuah gereja. sang narator melakukan perjalanan fantasi, berimajinasi dengan menggunakan objek orang yang ia tangkap di gereja tersebut. fantasi sang narator disini begitu liar, ada fotografer gay yang rela menjadi simpanan tante girang, ada seorang wanita yang selalu bermimpi kaya, ada seorang anak yang selalu bermimpi membunuh ibunya, dan ada tante khayalan [rei] yang tengah berulang tahun. hingga akhirnya kita bingung mana yang nyata dan manya yang merupakan fantasi.
cukup pusing dan ribet membacanya. namun mengasyikkan ikut larut dalam fantasi yang bisa jadi belum pernah kita bayangkan.

The Winner Stands Alone - Paulo Coelho 

hell yeah, another coelho's book. bercerita tentang perjalanan igor, seorang pengusaha sukses asal rusia yang super duper mega ultra kaya ke festival film di cannes, sebuah kota kecil yang mendadak ramai karena festival film bergengsi itu. misinya adalah menghancurkan dunia demi membuat ewa, mantan istrinya yang lebih memilih lari dengan hamid disainer dari timur tengah, kembali padanya. disini igor tak segan menghancurkan dunia orang lain (membunuh) demi menarik perhatian ewa.
disini coelho mengungkapkan sisi lain dari gemerlapnya kehidupan bintang dan dunia entertainment dimana manusia  saling memakan sesamanya demi mendapatkan eksistensi, kesuksesan dan  harta, sungguh dangkal.
namun entah karena saat membaca buku ini banyak interupsi sehingga sering tertunda dalam waktu yang lama, sepertinya saya kurang menikmati buku ini dibandingkan buku coelho yang lain. alurnya dirasa sangat lama dan (agak) membosankan.

Deltora Quest: The Lake of Tears - Emily Rodda

sumpah buku ini keren banget. pertama kali saya baca pas sma, kebetulan nemu nyelip di salah satu rental komik bareng teman saya, rehan. dan sejak saat itu kita nyari lanjutannya kemana-mana tapi ngga ketemu2 dan kitapun menyerah. sampai akhirnya libur lebaran kemarin saat main kerumahnya ngerampok buku, ternyata dia udah punya lanjutannya. bukunya tipis sampai-sampai bisa saya baca khatam saat menunggu penerbangan ke bandung yang di delay. ceritanya tentang seorang anak bernama Lief yang berusaha melengkapi batu-batu di sabuk warisan ayahnya untuk berhasil mengalahkan penyihir bernama Raja Bayangan yang menghancurkan deltora. di perjalanannya ini Lief tidak sendiri, tetapi ditemani oleh Barda, mantan pengawal Raja Bayangan dan juga Jasmin, seorang wanita yang bisa berbicara dengan hewan dan tumbuhan yang ia temui di hutan. mereka melakukan perjalanan ke Raladin, untuk menemukan batu lainnya. klise memang, tetapi ceritanya keren karena petualangannya amat seru banyak teka-teki cerdas di dalamnya.

Data Mining: Concept and Techniques - Kamber Han. 
oke yang ini bercanda. dan saya tau ini gak lucu. 

4 comments:

  1. yang terakhir becandanya ga banget miiii :|

    dan resensi pertama, keren! XDD

    ReplyDelete
  2. hahaha tadinya mau masukin semua daftar pustaka malah. hahaha
    iyalah buku kesukaan kita sekali itu mah cing

    ReplyDelete
  3. Mbak poop, obral buku murahnya dmana yak?

    .dode.

    ReplyDelete
  4. poop? oh gosh.hahaha
    di itu mas yang pameran buku bandung yang di landmark tea

    ReplyDelete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS