random journey to yosemite park.

salah satu kegemaran saya yang sudah sangat lama tidak dijalankan lagi adalah perjalanan random. random disini maksudnya adalah tidak tentu arah, biarkan kaki membawa kita ke suatu tempat tanpa rencana dan penuh spontanitas. setelah ditelan dengan begitu banyaknya kesibukan di pengujung perkuliahan, akhirnya saya kembali melakukan kegemaran saya ini.

saya bersama dua orang teman seperjalanan - luqman dan ibun, mempunyai niat awal yaitu berjalan kaki sambil memotret human interest. percakapan virtual di malam sebelumnya kira-kira begini

"kemana nih besok?"
"jalan kaki aja ke kiara condong sambil motret-motret. ntar di kiara condong kita naik kereta kemana saja"

dari percakapan di atas bayangan saya perjalanan hanya seputar dari stasiun ke stasiun dan memotret. tapi realita berkata lain. selepas subuh saya dan 2 orang teman saya itu mulai berjalan kaki ke kiara condong. perjalanan belum terasa berat karena udara yang masih sejuk dan kondisi badan yang lumayan fresh. perjalanan dihabiskan dengan memotret sana sini, ngobrol dan juga jajan. tak terasa dua jam kemudian tibalah kami di stasiun kiara condong.

ibun-saya-luqman

terdapat beberapa pilihan tujuan,setelah berembuk akhirnya kami pun memutuskan untuk menuju stasiun padalarang dengan kereta ekonomi lokal. saya pun mengandalkan mesin pencari google untuk mencari objek wisata yang ada di padalarang. opsi yang keluar diantaranya situ ciburuy, gua pawon, dan taman yosemite. situ ciburuy tidak terlalu  terdengar menarik, selain karena sering dilewati juga berita yang muncul di google kebanyakan bernada negatif. akhirnya pilihan jatuh ke taman yosemite yang konon katanya mempunyai pemandangan tak jauh dengan yosemite park di california. wah semangat semakin menggebu-gebu jadinya.

sesampai di padalarang, semua orang yang kami tanyai tidak ada yang pernah mendengar perihal taman yosemite ini. tidak putus asa, kami pun naik angkot menuju citatah karena katanya taman yosemite berlokasi di sana. sesampai di citatah, tetap tidak ada penduduk setempat yang mengetahui keberadaan taman misterius tersebut. agak kecewa, akhirnya kami memutuskan untuk ke gua pawon yang lokasinya ada di sekitar sana.

jalan menuju gua pawon

untuk menuju gua pawon dari jalan raya, tidak terdapat angkutan umum. yang ada hanya ojek yang harganya lumayan mahal. karena memang niatnya bertualang, akhirnya kami memutuskan untuk berjalan kaki dan menurut orang sana letaknya tidak terlalu jauh. kenyataannya perjalanan ke gua pawon itu sangat jauh dan melelahkan karena jalan yang naik turun dan udara yang terik.

ekspresi girang melihat plang 'gua pawon 500 meter lagi'
bebatuan gua pawon

gua pawon

setelah puas berfoto dan beristirahat sedikit, kami segera melangkahkan kaki pulang. tepat pada saat itu tak disangka ada seorang anak kecil yang menghampiri kami dan bertanya, "teh ga ke taman batu?". ah ini dia mungkin taman yosemite yang dimaksud. setelah bertanya diketahui bahwa taman batu berada di puncak bukit diatas gua pawon. melihat ke atas bukit tersebut lumayan tinggi dan hanya ada jalan setapak yang lumayan terjal. setelah berpikir agak lama dan sudah tanggung nyampe disana, akhirnya kami pun setuju untuk mendaki ke taman batu walaupun agak salah kostum (terutama alas kaki). dipandu oleh tarna, utusan taman yosemite yang mungkin dikirimkan Tuhan untuk memandu kami kesana. hahaha

bukit yang paling tinggi itu yang akan kami tuju!

bersama tarna, bocah yosemite. istirahat bentar di tengah perjalanan

pendakian lumayan melelahkan karena jalanan yang sangat terjal ditambah kami memang jarang berolahraga. sekitar setengah jam mendaki akhirnya tiba juga di taman yosemite itu. mirip ngga dengan yang di california? jawabannya adalah berbeda jauh! akan tetapi pemandangannya tetap bagus dan keren. dari atas sana dapat terlihat pemandangan waduk cirata.

ilalang di puncak bukit
finally, yosemite!

ini adalah salah satu perjalanan random saya yang paling random. dan tentu menyenangkan sekali.
PS: foto-foto sebagian besar diambil dari ibun. terimakasih bun, tripodnya sangat berguna ternyata.

3 comments

1. mira itu keren kali tempatnyaaaaaaa :O~~~~~~
    foto diilalang sok iyes deh hahahha

ReplyDelete
  2. bukan maksud hamba untuk sok iyeh. itu di-candid murni. hehe

3. kok bagus ya tempatnya, jadi pengen kesana, saya baru tau ada tempat kayak giniii :D