Rekomendasi Aplikasi untuk Bepergian

Monday, March 14, 2016

Hidup di era informatika seperti sekarang ini, bepergian jauh pun jadi sangat mudah karena banyak sekali aplikasi-aplikasi kece nan canggih yang dapat mempermudah urusan kita. Dari mulai booking tiket pesawat dan penginapan, urusan manajemen budget, jadwal penerbangan, dan remeh temeh lainnya sekarang bisa dilakukan dengan mudah. Cukup dengan bantuan smartphone di genggaman. Sebagai referensi, berikut rekomendasi beberapa aplikasi yang sering saya gunakan ketika bepergian (dan juga sehari-hari). Aplikasi-aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android. Platform lain saya nggak tau dan malas nyari tau juga (hahaha blogger gak niat). Dan yang paling penting, gratis! Kecuali di beberapa aplikasi kamu harus bayar jika ingin upgrade ke versi Pro atau Premium.

TripIt

Saya suka sekali aplikasi ini karena kita bisa mengatur itinerary perjalanan dengan rapih dan mudah. Istimewanya lagi, ketika kita booking pesawat / moda transportasi ataupun akomodasi penginapan, TripIt akan otomatis langsung meng-import detailnya dari e-mail ke aplikasi. Jadinya misal kita lupa jadwal atau nomer penerbangan, kita nggak perlu repot ngubek e-mail untuk nyari bookingan-nya. Cukup intip dari aplikasi ini. Manajemen itinerary juga bisa dilakukan beramai-ramai. Jadinya kalau pergi beramai-ramai dengan teman, koordinasi pun jadi lebih mudah. 


Rome2Rio

Aplikasi ini berguna untuk membandingkan moda transportasi dari tempat A ke tempat B. Lengkap dengan maps untuk petunjuk rutenya juga perbandingan ongkos dan waktu tempuhnya. Misalnya nih saya dari airport mau ke penginapan, tinggal masukin nama tempat asal dan juga tujuan, maka Rome2Rio akan menunjukkan alternatif transportasi menuju ke sana.


Uber

Saya doain yang bikin Uber masuk surga. Penyelamat ketika hendak bepergian, baik sehari-hari ataupun sedang piknik ke luar kota. Uber jangkauannya cukup luas di kota-kota besar lain di penjuru dunia. List lengkap kota-kota yang sudah di-cover oleh jaringan Uber bisa dilihat di : https://www.uber.com/cities/  harganya (biasanya) jauh lebih murah dari taxi, dan juga lebih aman. Yang jelas sih kita akan terlindungi dari taxi-taxi scam (biasanya di daerah Asia Tenggara) yang biasanya ngasih harga tembak. Kemarin saya banyak menggunakan jasa Uber di Manila dan sangat terbantu sekali!

Uber di Airport Hanoi ada pilihan mau dijemput di Terminal dan Wing mana. Kece!

XE Currency

Untuk ngitung currency mata uang asing ketika bepergian. Kursnya selalu uptodate (yaiyalahya harus).


Google Maps

Tak lain dan tak bukan ya, siapa sih yang nggak butuh ini? Fitur yang paling saya suka adalah offline maps yang bisa men-download map di area tertentu untuk dapat diakses di lain waktu meski tanpa adanya koneksi internet. Membantu sekali.


Splitwise

Ini adalah aplikasi favorit saya, dan sudah lama banget saya idam-idamkan. Jadi intinya sih Splitwise ini akan berguna sekali di kehidupan kita sehari-hari untuk mencatat perihal hutang piutang. Misalnya nih lagi ke mall sama teman-teman lalu yang nalangin nonton si Joni, yang nalangin popcorn dan minum si Parjo, lalu yang bayarin taksi si Tuti. Nah di Splitwise ini kita bisa nyatet itu dan Splitwise akan otomatis menghitung summary perhutangan kita. Jadi ketauan si Joni harus bayar berapa ke Parjo, Parjo bayar berapa ke Tuti, dsb. Fitur lain yang lebih penting adalah, reminder! Jadi nggak perlu lagi sungkan-sungkan nagih hutang ke temen. Cukup gunakan fitur ini dan Splitwise akan mengirim e-mail ke oknum untuk mengingatkan mereka kalau mereka harus bayar hutang. Aaah. Indahnya hidup di jaman sekarang.

Di halaman awal kelihatan siapa aja yang hutang ke kita (font hijau) dan ke siapa aja kita punya hutang (font merah). Kalau lagi pergi trip ke suatu tempat bersama beberapa orang, tinggal bikin grup baru. Easy Peasy.

Life has never been easier! Semoga yang bikin aplikasi-aplikasi ini masuk surga. Kalau ada yang punya rekomendasi aplikasi lain yang oke, boleh di-share di comment ya :)

2 comments:

  1. Baru tau ada aplikasi yg paling bawah, ini penting banget mirr! Biasanya pake kertas dan riweuh hahaha

    ReplyDelete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS