Suatu Hari Bersama Para Alpaca.

Friday, August 4, 2017


Sebagai pemuja hewan-hewan berbulu tebal nan fluffy, alpaca adalah salah satu hewan favorit saya. Walaupun dulunya saya nggak tau se-fluffly apa makhluk yang selalu terlihat tersenyum ini, tapi kalau liat foto-fotonya yang sering wara wiri di 9gag, keliatannya sih alpaca ini uwel-able banget! Setau saya, alpaca ini gampang ditemui di daerah berdataran tinggi macam Peru, karena kan bulunya tebal banget makanya mereka sukanya di tempat yang dingin-dingin. Suatu hari saya iseng nyari tau jangan-jangan alpaca juga tinggal di Inggris, ternyata benar! Gak jauh dari London, ada peternakan alpaca. Langsung deh saya book tiket kereta dengan tekad bulat mau uwel-uwel dan peluk-peluk alpaca-alpaca lucu.


Nama peternakannya adalah Abbots View Alpacas, yang letaknya ada di daerah Ayleysbury, sekitar satu jam dari London kalau naik kereta. Peternakan ini adalah peternakan kecil yang dikelola oleh keluarga, jadinya peternakan ini cuma dibuka di waktu-waktu tertentu. Kalau gak salah, selama sebulan cuma dibuka dua kali gitu, dengan jumlah pengunjung yang dibatasi juga. Harus cek jadwalnya di website mereka dan book tiket in advance deh kalau gak ingin kehabisan tempat. Oiya, sekitar bulan Mei, alpaca-alpaca ini akan dicukur bulunya, jadi waktu terbaik untuk berkunjung menurut saya sih sekitar bulan April, karena alpaca masih gondrong dan udara juga udah ga terlalu dingin untuk main-main di luar.



Dari stasiun Leighton Buzzard, kami masih harus naik bus, lalu jalan kaki sekitar setengah jam ke peternakannya karena ngga ada angkutan umum yang lewat. 


Hari itu kami akan ikut Alpaca walk, yaitu jalan-jalan muterin peternakan bareng alpaca. Satu alpaca akan ditemani oleh 2 orang. Di awal, kami diberi instruksi gimana cara menggiring dan uwel-uwel alpaca yang baik dan benar. Saya agak kecewa gitu di awal karena dibilangin kalau ternyata ngga seperti anjing, alpaca itu nggak suka dielus-elus, terlebih di bagian kepala mereka. Duhhh~ padahal maksud hati mau elus-elus poninya alpaca. Hahahha. Spot yang 'aman' untuk dielus-elus adalah lehernya, dan we have to be veeeery gentle. Tiba saatnya nyobain megang alpaca, ternyata beneran itu mereka 50%-nya adalah bulu! Haluuuuuusss banget dan tebal banget. Pokoknya pas masukin tangan sampai kerasa kulit mereka, pergelangan tangan kita akan gak keliatan karena ketutupan bulu semua.

Alpacaaaaa~





Oiya, alpaca juga adalah hewan yang suka bersosialisasi. Jadinya, banyak alpaca yang punya 'geng' akrab gitu deh. Contohnya alpaca yang saya pegang dengan alpaca yang vivi pegang adalah teman akrab, jadinya mereka harus selalu berdekatan biar gak saling cari-carian. Lucu bangettt. Makanya kalau misalnya kita mau adopsi alpaca, nggak bisa cuma beli satu doang, ibu-bapak dan tetangga-tetangganya harus diangkut sekalian.


Those sexy butts~

Poninya lucuk!




If you're having a rough day, here's a smile from an alpaca.

Momen di mana alpaca-alpaca ini berlari ke arah kami (karena kami bawa makanan) surreal banget!

Ada sapi gondrong juga.



Dan ini video yang saya buat di hari itu:


That was such a reaaaaally nice day! Saya dan teman-teman lebay gitu nggak rela mau pisah dengan alpaca-alpaca lucu. Di akhir, kami semua dijamu minum teh lengkap dengan cake home-made. Kalau kamu suka hewan-hewan berbulu, sangat amat direkomendasikan untuk bertemu dengan alpaca.

9 comments:

  1. 50% bulu! Wow, fluffy banget. Btw, alpaca ini ada bau khas kayak kambing gitu gak? Pertanyaan ini yang pertama kali terlintas gara-gara dulu pernah megang bulu kambing dan setelah cuci tangan pake sabun baunya gak ilang-ilang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahha sebenarnya 50% itu statistik ngawur aja sih. tapi beneran kayak bulu semua badannya! ada bau khas, tapi ngga terlalu nyengat kayak kambing sih mereka. mungkin karena tinggal di tempat dingin dan gak keringetan kali ya. hehe

      Delete
  2. rempong ya ga bisa adopsi satu aja kalo mau, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti doi frustasi kesepian lalu suicide kak.

      Delete
  3. Tolong aku titip ciyum buat alpaca yang paling kinyis kinyis yg warna cokelat

    ReplyDelete
  4. Ya ampuuun gemes banget liatnya! Aku baru tau ada tempat ini setelah baca post ini, thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gemes banget sih memang alpaca. hehehe. iyaaa sama2, dixie :D

      Delete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS