PESTA DANAU TOBA 2008

liburan ala backpacker sudah lama menjadi impian saya. dan kali ini impian itu pun akhirnya terwujud. yah mungkin tidak terlalu ekstrim seperti backpacker sejati. tetapi cukup seru untuk saya yang belum pernah berlibur se "SPONTAN" ini. kali ini saya berlibur bersama teman-teman baru.
firdha, budi, kak tapi, dan rehan merupakan teman saya. ditambah lagi kak titin dan bang nasran yang merupakan teman dari kak tapi, ditambah nova, elsa dan wiya yaitu teman budi di kampusnya.

kami ber-10 pergi ke Danau Toba. Berhubung kami semua hobi jeprat-jepret, kami pun ga akan ngelewatin kesempatan buat mengabadikan jalannya Pesta Danau Toba 2008 yang diadakan tanggal 14-16 juli 2008.
Liburan kali ini amat sangat menyenangkaaann.. dengan modal yang minim kita dapat berlibur ke Danau Toba dan mendapat foto-foto yang bagus.

Senin, 14 Juli 2008
jam 9 pagi kita semua berangkat ke terminal setelah sebelumnya berkumpul di USU. Sampai di terminal, langsung pesen tiket bus yang menuju ke Pematang Siantar, Bus kami pun berangkat sekitar jam 10. BUs nya amat sangat tidak nyamaan. bus ber-AC yang sama sekali tidak dingin. karena jendelanya dibuka dan banyak orang merokok. aargh maklum saja. harga tiketnya cukup murah. akhirnya kami sampai di siantar jam 1 siang.

di siantar sudah ada supir yang menunggu, dan kita semua pun bergerak menuju Bah Birong tempat dimana selanjutnya kami akan bermalam. Kebetulan orang tua dari Kak Tapi bekerja di perkebunan Bah birong tersebut. sehingga orang tuanya berbaik hati menampung kami-kami semua dan menyediakan Mess disana. aaah baiknyaaa.

sampai di Bah birong kami makan siang, lalu sholat Dzuhur. sekitar jam 3 sore langsung pergi lagi ke Parapat, Kota di pinggiran Danau Toba, tempat PDT'08 berlangsung. Kali ini Bang Nasran yang kebagian menjadi Sopir dari mobil kijang yang kami tumpangi. Perjalanan ke Parapat kami tempuh kurang lebih selama satu jam dari Bah birong.

kami tiba di Parapat jam setengah 5 sore, dan acara pembukaan PDT'08 sudah dimulai. banyak tari-tarian yang amat eksotis dari berbagai daerah di sumatera Utara. namun yang paling menarik perhatian saya adalah Tari Sigalegale.

Alkisah ada seorang Raja sedih sekali karena anak semata wayangnya meninggal dunia. Akhirnya ia pun memanggil pemahat tersohor didaerah itu untuk membuatkannya patung dari kayu yang menyerupai anaknya. Kemudian Sang Raja memanggil orang pintar untuk menghidupkan patung tersebut.

Tarian ini sangat bagus, karena pemeran sigalegale sangat menjiwai perannya sebagai boneka kayu yang bisa menari.

banyak juga penari-penari cantik yang memakai busana daerah yang berwarna-warni. dan turis-turis asing yang ikut menari. acara pembukaan PDT'08 yang diselenggarakan di panggung terbuka Parapat ini sangat meriah.

Setelah itu, kami berkeliling membeli cenderamata. saya membeli ulos untuk oleh-oleh juga topi yang lucu. agak kalap melihat cenderamata-cenderamata yang unik. namun saya terus meneguhkan hati mengingat dompet juga tidak terlalu mendukung :D

sekitar jam 9 malam kami pun kembali ke Bah birong untuk bermalam, sebelumnya singgah sebentar di Siantar untuk makan malam.

Selasa, 15 Juli 2008

sunrise di bah birong :D

jam 9 pagi kami berangkat lagi ke Parapat. Rasa cape kemarin di perjalanan terbayar sudah dengan tidur yang sangat nyenyak.. Sampai di Parapat, acara tidak terlalu ramai dan tidak ada yang menarik sehingga kami memutuskan untuk menyebrang ke Pulau Samosir, pulau di tengah danau toba dengan menggunakan Kapal Feri. Hari itu sangat cerah. awan putih seperti kapas dan langit yang sangat biru membuat saya teringat akan permen gula kapas. :D

Sampai di samosir, kita lihat-lihat souvenir lagi. dan bertemu dengan ulos yang ternyata lebih murah dari prapat! SIAL! akhirnya saya memutuskan untuk beli ulos lagi, mumpung harganya murah. dan saya menemukan gelang warna-warni dan kaos bertuliskan HORAS! aah saya langsung bokek -____-

setelah itu kami pun ke tempat pertunjukan sigalegale (seperti yang saya ceritakan di atas). bedanya kali ini sigalegalenya bener-bener berwujud boneka kayu. dan SIGALEGALE GANTENG SEKALI! kami pun kalap pengen foto bareng dia. hahahahahha.. sayangnya sedang tidak ada pertunjukan saat itu,

dari sigalegale, kita ke makam tua raja apaa gtu saya lupa , lalu kembali ke kapal karena kapal akan segera berangkat.

grup TALI ULOS liat ikat kepala kami!

sampai di parapat kami makan karena ternyata sudah jam 4 sore tapi kami belum makan.

sempat juga melihat ibu-ibu menenun ulos.

lalu jalan-jalan dan kembali lagi ke bah birong jam 9 malam. hujan deras saat itu. perjalanan jadi sedikit menyeramkan karena jalan yang berkelok-kelok dan licin. untung bang nasran cukup lihai mengemudikan mobil :D

Rabu, 16 Juli 2008
jam 6 pagi kita ke kebun teh buat motret pekerja pekerja disana. dingin dan segaaarr..

lalu balik lagi ke Mess karena harus siap-siap buat pulang ke Medan.
jam 10 pagi kita berangkat ke Siantar dianterin pak sopir yang baik hati. Gak lupa singgah ke Roti Ganda yang terkenal itu buat beli oleh-oleh trus langsung ke terminal Gala Trans. nyari bus Siantar-Medan

jam 4 sore akhirnya kita semua sampai di Medan.