dinner murah meriah (anak kosan style)

berhubung blog ini sudah lama sekali tidak dijamah karena saya sibuk dan satu dua hal lainnya (baca: males), maka kali ini saya ingin berbagi sesuatu di sini. saya akan bercerita mengenai kegiatan masak memasak saya bersama jono di malam bertepatan dengan final AFF.

belakangan ini, saya dan jono memang lebih memilih memasak makanan sendiri dibandingkan dengan membeli seperti biasanya. selain dikarenakan sudah cukup muak dengan makanan-makanan yang ada di sekitar kosan, memasak juga merupakan solusi cerdas untuk menghemat isi dompet. percayalah. kali ini kami memasak orek tempe + nasi goreng. resep dan harganya adalah sebagai berikut:




-bawang merah secukupnya, saya memakai 3 siung seharga Rp. 500 (di warung)
-cabai merah secukupnya (percayalah ini bukan untuk rasa pedas, tapi hanya sebagai penambah nilai estetika saja) yang ini juga harganya Rp. 500 (di warung)
-cabai rawit a.k.a cengek, bagi saya dan jono ini yang terpenting karena memang diinginkan rasa yang super hot (lirik resep tempe orek buatan cingu, saya yakin dia bisa mati kepedesan kalau makan tempe orek yang ini HAHAHA) Rp.1000 dapet se-plastik kecil.
-tempe sesukanya. saya beli yang potongan kecil seharga Rp. 1200
-bumbu nasi goreng , disini dipakai sajiku seharga Rp.1700 (kalo ga salah), sebenernya enakan yang indofood tapi di minimarket deket kosan lagi habis.

cara membuatnya:
Nasi Goreng:
-berhubung teflon yang dipakai kecil, jadinya bumbu nasi gorengnya di bubukin dulu di nasi yang ada di rice cooker sampai benar-benar merata dan tidak ada yang berwarna putih.
-panaskan minyak, tumis bawang merah sampai harum, tambahkan cabai merah dan rawit hingga layu. kalau mau menambahkan kornet/sosis/telur, disinilah saat yang tepat.
-masukkan nasi, aduk hingga rata dan teksturnya menggoda. tambahin kecap dan garam sesuai selera.
-untuk ukuran teflon yang kecil saya perlu dua trip untuk menggoreng nasi untuk porsi dua orang.
-taddaaa jadilah nasi goreng! semua orang pasti bisa. trust me (yaiyalah begini doang -___-).

untuk nasi goreng ga ada penampakannya karena lupa diri langsung dimakan. hahahaha.

Tempe Orek:
-tempe di potong kecil-kecil sesuai selera, lalu goreng. menggorengnya jangan terlalu kering, karena ntar bumbunya kurang meresap.



-tempe mateng, tiriskan.
-panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bawang merah sampai harum lalu masukkan cabai merah dan rawit hingga layu (pada tahap ini kamar kosan sukses berbau dapur) -___-"
-masukkan tempe, tambahkan kecap secukupnya, lalu tambahkan air sedikit.
-jika suka, bisa tambahkan kaldu instan, garam dan gula (disini proses icip icip sangat diperlukan!)
-aduk2 sampai seluruh tempe berwarna kecoklatan lalu diamkan sampai kuahnya agak kering. kalau suka yang berkuah ya airnya tambahin lagi.
-jadilah tempe orek!



mudah bukan? selain murah dan kenyang, memasak bisa menghangatkan hubungan dengan pasangan. HAHAHA. (abaikan)

3 comments

  1. wow. nama saya jadi terkenal, wahahahahaha
    tempenya ga pake bawang putih mirtje?

    ReplyDelete
  2. si tuan muda menolak mentah2 pake bawang putih -__-

    ReplyDelete
  3. kenapaaaaaaaaa??
    bawang putih itu menguatkan rasa!
    enak!
    wajib dipakai dalam segala masakan! *lho?

    ReplyDelete