Menjadi Ariel di Pulau Menjangan

Monday, November 5, 2012

Sejak pertama sekali mencoba snorkeling di Kepulauan Seribu beberapa tahun yang lalu, saya langsung ketagihan oleh keindahan yang disuguhkan oleh alam bawah laut. Walaupun belum lancar berenang dan masih dibantu oleh pelampung, tapi saya sangat menikmati itu semua. Hingga saya menulis ini, Pulau Menjangan mungkin menjadi spot snorkeling terbaik dari seluruh tempat yang pernah saya kunjungi (gaya pisan padahal baru di Kepulauan Seribu sama Sangiang doang hahaha). Snorkeling di Pulau yang terletak di kawasan Selat Bali ini membuat saya merasa menjadi Ariel, The Little Mermaid. Ngga lucu banget Ariel pakai pelampung. Hahaha.

Labuhan Lalang.

Untuk menuju ke sana, dari Denpasar ambil jalur By Pass Ngurah Rai menuju arah Gilimanuk. Jika dilihat di peta, terlihat Menjangan ada di ujung Barat Pulau Bali, di dekat Banyuwangi. Spot penyebrangan ke Pulau ini berada di Labuhan Lalang, tepatnya di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Memakan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai pulau ini dari Denpasar. Pesan saya pergilah sepagi mungkin. Saya yang berangkat dari Denpasar pukul 9 pagi, sampai di Denpasar kembali pada sekitar pukul setengah 11 malam. Yang tadinya rencana di itinerary setelah Menjangan adalah ke tempat-tempat macam Kuta dan sekitarnya, terpaksa harus di re-schedule ulang. 


Dermaga Labuhan Lalang, Menjangan sudah terlihat di seberang sana

Untuk menyeberang harganya dihitung perkapal yang sayangnya saya lupa berapa, oleh karena itu lebih baik jika datang secara rombongan agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Untuk sewa peralatan snorkeling biayanya Rp. 40.000. Ditambah guide, tiket masuk, dan sebagainya, total biaya yang harus kami keluarkan adalah Rp. 665.000 untuk 5 orang. Cukup murah.


This is it! Menjangan!

Tidak sampai setengah jam, kapal sudah merapat di Pulau Menjangan. Pulau yang tandus, dengan pepohonannya yang mayoritas sudah meranggas. Mata saya sempat menangkap ada beberapa rusa menjangan yang sedang bermain petak umpet di sela-sela pepohonan. Spot snorkeling ada pada jarak sekitar 3 meter dari bibir pantai. Terumbu karang dan ikan warna-warni pun mulai memanjakan mata saya. Pada saat itu ombak cukup besar sehingga saya kewalahan berenang melawan arus. Tapi itu semua tidak mematahkan semangat saya untuk bertemu nemo, si clown fish, yang gagal saya temui di Kepulauan Seribu dan Pulau Sangiang.


Drop down
Percayalah, aslinya 100x lebih keren!

Beberapa meter dari spot snorkeling, mulai ada drop down. Dari yang tadinya kedalaman tidak sampai 2 meter, tiba-tiba mendadak menjadi dalam sekali, seperti jurang gelap ke bawah. Saya hanya sempat melihat beberapa orang yang sedang diving di bawah sana, ditandai dengan banyaknya gelembung udara. Jurang ini cukup seram, akan tetapi pemandangan sebelumnya sangat indah. Ikan-ikan lebih banyak berkumpul di sana.




Dan akhirnya saya bertemu dengan nemo! Ada banyak sekali clown fish yang sedang bermain di sela-sela terumbu karang. Yang saya sukai dari Pulau Menjangan ini, ikan-ikannya tidak lari ketika dihampiri, tetapi malah berenang mendekat. Ditambah jenisnya yang banyak sekali dan berwarna-warni. 

Nemo 1 lagi main petak umpet sama Nemo 2 dan Nemo 3
Kaki saya (ini foto penting)

Selain alam bawah lautnya yang indah, Pulau Menjangan juga menawarkan wisata lain seperti Pura, Jungle Trekking dan juga Gua Kelelawar. Bagi yang bosan dengan hiruk pikuk pantai-pantai ramai di Bali, Pulau Menjangan bisa menjadi alternatif tujuan wisata.

Tetep nyengir meski kaki sudah belang


Sunset di Menjangan

Foto underwater credit to : Mba Elly dan Rina.

6 comments:

  1. Flores lebih kece mir, pokoknya makin timur makin kece haha. Nanti coba dibandingin sama R4 yah :))

    ReplyDelete
  2. ya ini paling kece lah dibandingin sama si Tidung, Harapan, sama Sangiang. tar semoga pas ke R4 aing udah punya sirip. aminn

    ReplyDelete
  3. wih.. cepet aje postingnya :D

    bantuin nginfo rincian biaya #makelar
    sewa kapal : 330000
    asuransi/org : 4000
    pemandu : 100000/boat
    tiket masuk : 2500 (lokal), 20000 (bule)
    snorkeling kit/orang : 40000

    keknya kalo lebih banyakan orang, bisa lebih ngiritan patungan sewa boat sama pemandunya ;)

    transplantasi insang yuks ;)

    ReplyDelete
  4. bahaha makasih mbak infonya. iya nih mesti kejar postingan, takut lupa. trus ketimpa sama liburan berikutnya (sok eksis) :P

    ReplyDelete
  5. ah aku iri ma foto terakhirmu hahaha...

    ReplyDelete
  6. snorkeling di menjagan island Rp.600,000(minimal booking 2 person) dengan pelayanan yang berkualitas,
    silakan kunjungi website kami:
    www.pemuteranwestbali.com
    email:info@pemuteranwestbali.com

    thanks & Regards,

    Nengah Arya

    ReplyDelete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS