Titik Nol : Makna Sebuah Perjalanan

Wednesday, July 3, 2013

Jujur, pada awalnya saya tidak menaruh sedikitpun ekspektasi pada buku ini. Kalau bisa dibilang malah cenderung skeptis. Di pikiran saya pasti buku ini bakal serupa dengan buku-buku traveling yang lain, sekedar mengunjungi tempat yang baru lalu menceritakan hal-hal baru yang menarik di tempat tersebut, dsb dsb. Makanya ketika seorang teman merekomendasikan buku ini, saya cukup ragu sampai pada akhirnya memutuskan untuk membeli buku ini karena merasa saya butuh bacaan 'ringan' untuk selingan (duileee gaya benerrr bacaannya sok berat - HAHA).

But I was totally wrong. Baru saja membaca saya sudah mulai terhipnotis untuk terus membuka halaman demi halaman. Diawali dengan kisah Agustinus memulai perjalanannya dari Beijing menaiki kereta super padat menuju Tibet. Seusai menuntaskan kuliahnya di Beijing, dia memutuskan untuk mewujudkan mimpinya berkeliling dunia. Dari China hingga Afrika Selatan.

Buku ini menguak segala cerita dari tiap tempat yang ia singgahi, dengan segala pelajaran hidup yang dapat kita pelajari darinya. Cerita tentang Tibet dan kapitalisme yang telah menggerus nilai-nilai kemanusiaan bahkan religius disana. Tentang India yang tingkat kemiskinannya sangat mengenaskan. Tentang Pakistan dengan segala keramahannya (bayangkan korban gempa yang masih dengan suka cita menjamu tamu yang datang). Dan juga tentang Afghanistan, tempat Agustinus berdiam selama 3 tahun menjadi photojournalist, yang dengan segala kemelut peperangan ternyata masih memiliki kehidupan dan tawa layaknya kita, manusia normal.

Kembali saya mempertanyakan apa artinya sebuah perjalanan, dan tentu arti kata 'pulang'. Dan kembali saya juga melirik mimpi saya yang sudah mulai berdebu di pojokan sana. Tersadar bahwa yang saya butuhkan untuk mewujudkannya hanyalah sebuah langkah kecil.

Dan buku ini juga berhasil mengembalikan semangat membaca saya. Back to the track, 1 book for 1 week. Reading challenge, I'll beat you!

3 comments:

  1. hallooo kak mira, salam kenal..
    setelah baca tulisan km mengenai buku itu, aku jd tertarik jg membacanya, hehehe..

    *langsung kliling toko buku, carii!
    :D

    ReplyDelete
  2. hallo rika! salam kenal juga. selamat membaca :)

    ReplyDelete
  3. aku sempet membaca buku ini walaupun belum selesai...memang luar biasa...membangkitkan semangat dan ide-ide baru...maklum saya seorang pekerja yang sehari-harin cuma pekerjaan rutin, membosanka. saat itu saya langsung kepengin pergi ke Asia Tengah.

    ReplyDelete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS