Pulau Kelor yang Selebar Daun Kelor

Friday, December 20, 2013

Akhir pekan ingin refreshing tapi bosan dengan hiburan khas Jakarta (baca : mall)? Mungkin Kepulauan Seribu adalah jawabannya. Tidak punya waktu banyak untuk menginap? Tidak masalah. Karena ada pulau yang jaraknya lumayan dekat sehingga perjalanan pulang dan pergi bisa dilakukan di hari yang sama.

Pulau Kelor, Cipir, dan Onrust adalah tiga buah pulau yang akan kami datangi akhir pekan yang lalu. Perjalanan impulsif ini berawal dari promosi dari sebuah agen perjalanan yang menawarkan harga paket tur hanya 89 ribu rupiah saja untuk perjalanan ke tiga pulau ini. Angka yang cukup murah, mengingat terkadang jika kita main ke mall, angka yang dihabiskan bisa berkali-kali lipat dari itu. Pulau Kelor mungkin cukup familiar bagi yang sering melakukan perjalanan ke pulau di Kepulauan Seribu, misal Pulau Tidung atau Harapan, karena Pulau Kelor ini selalu kita lewati. Ingat sebuah pulau mini dengan benteng dari bata merah? Pulau Kelor that is, yang belakangan jadi terkenal karena salah satu artis ibukota yang melangsungkan pernikahannya di sana.Di pulau tersebut ada Benteng Martello yang menjadi tempat untuk memantau kapal-kapal yang akan melipir ke Jakarta. Pulau Cipir merupakan pulau yang dulunya berisi rumah sakit yang diperuntukkan untuk para jama'ah haji Indonesia. Karena di seberangnya, di Pulau Onrust, dulunya merupakan asrama haji untuk para jama'ah dari Jakarta. Jaman dulu sekali deh itu, saat kakek-kakek buyut kita pergi ke arab dengan menaiki kapal selama berbulan-bulan. Sekarang, Pulau Cipir dan Onrust dijadikan situs sejarah yang- yaah namanya juga Indonesia - sayang sekali kurang terawat.

Muara Kamal, tempat kapal yang akan kami tumpangi parkir. Karena ini perkampungan nelayan jadi yaa sangat kotor dan becek!
Lagi nangkep ikan katanya
Sekitar 20 menit berlayar, Pulau Kelor sudah di depan mata.
Baru nyadar gak ada motret benteng sama sekali kecuali yang ada 'model'nya. Haha.
Instagram-able
Dermaga di Pulau Kelor yang dibagusin gara-gara pernikahan artis ibuota.
Lihat Jakarta dari kejauhan?
Benteng Martello - ramai! Banyak yang niat banget photosession. Kita ga mau kalah. Haha.

Well, jangan mengharapkan pulau yang wah, yang bersih dengan pasir putih dan bebas sampah. Buang jauh-jauh ekspektasi itu. Walaupun begitu, merasakan sinar matahari dan menghirup udara segar setidaknya menurut saya masih jauh lebih baik dibandingkan dengan olahraga di mall. 

4 comments:

  1. seperti biasa, sy selalu terpukau sm gambar2nya ;)

    ReplyDelete
  2. asyik ih sambil piknik kayaknya seru.
    itu emg meeting pointnya di muara kamal mir? lebih deket ya dibanding lewat angke?

    ReplyDelete
  3. ngga seseru itu juga sih ken. biasa aja tempatnya. iya di kamal ken, lebih deket. 15-20 menitan jg udah nyampe ke kelornya.

    ReplyDelete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS