Musim Panas dan Hujan

Tuesday, March 24, 2015


Weekend kemarin saya ikut sebuah acara yang sangat seru sekali. Nama acaranya Summer & Rain Music Camp Festival. Sesuai dengan namanya, acara ini adalah kemping sambil nonton band-band kece. Dari awal pertama kali tau ada acara ini, saya langsung super excited. Apalagi ngeliat lineup band-band pengisinya yang kebanyakan genrenya folk asoy dan post-rock yang kayaknya bakal asik banget kalo ditonton di alam terbuka. Scene di film Heima langsung kebayang gitu deh, pas Sigur Ros nyanyi dengan latar belakang alam Iceland yang kece. Terlebih lagi, ada Tigapagi! Band Indonesia paling favorit versi saya.


Acaranya diadain di Rahong Camp Ground, Pangalengan. Masih sekitaran Situ Cileunca. Awalnya agak kesel-kesel sedikit sama panitianya karena amburadul banget koordinasinya. Tapi pas udah nyampe tempat camping, rasanya semua kesel langsung ilang. Camp ground-nya asik banget, di hutan pinus yang dikelilingi bukit-bukit teh yang terlihat seperti karpet halus, plus ada sungai tempat rafting yang mengalir di sekelilingnya. Apalagi pas saya baru aja nyampe, di panggung kedengeran lagu Alang-alang dari Tigapagi. Awalnya dikirain itu rekaman, tapi ternyataaa Tigapagi lagi checksound! Baru juga beberapa menit nyampe, udah bahagia ke ubun-ubun. Haha.

Dari banyak band pengisi acara, sebenernya saya cuma pernah dengerin beberapa aja. Sisanya cuma pernah dengar nama atau bahkan nggak tau sama sekali. Tapi, setelah mendengarkan mereka semua main secara live, saya bisa bilang kalau nggak ada yang nggak bagus! Semuanyaaaaaa kerennnn. Luar biasa ternyata musisi Indonesia, khususnya Bandung. Berikut band-band yang paling berkesan buat saya plus soundcloud-nya deh biar bisa ikut dengerin juga.



Pas baru nyampe, saya dan teman-teman langsung istirahat bentar di tenda. Awalnya mau tidur siang agak lama baru nongkrong di depan panggung. Tapi pas denger band-nya main, dan asik banget, kita jadi bangun dan langsung cabut ke panggung. Littlelute yang lagi main. Musiknya folk unik gitu karena suara yang dominan adalah mandolin. Vokalisnya cewe dan suaranya asik banget. Sore-sore di hutan pinus sepoi-sepoi dan dengerin musik mereka, rasanya pengen joged asik.

Akarsana & Suara



Genrenya masih folk. Folk idolaku! Dan vokalisnya asik suaranya, oiya mereka pake terompet juga.

Pemandangan


Dari namanya aja, band ini udah keren banget buat saya. Pemandangan. Lagunya agak geje tapi asik buat singalong rame-rame. Yang bikin berkesan adalah, pas mereka main, tiba-tiba turun hujan super deras dan penonton langsung pada kabur lari ke tenda masing-masing. Vokalisnya bilang "yah hujan, udahan nih? sini aja neduh di panggung". Langsung deh pada naik ke panggung, dan mereka lanjut maen dan kita nyanyi bareng sepanggung.

Abis Pemandangan nampil, hujan masih saja awet dan acara terpaksa berhenti dulu karena suasana jadi ga kondusif. Kami pun balik ke tenda, yang ternyata dalemnya udah kayak kolam renang karena ternyata air hujan masuk dan menggenang. Jadinya cuma duduk depan tenda, ngopi ngemil ngobrol aja sambil nungguin hujan reda.


Maghrib akhirnya hujan berhenti. Penonton mulai rame nongkrong lagi di depan panggung. Kalau pas sore band yang main kebanyakan bergenre folk riang, pas malem band-nya diselang seling gantian sama post-rock. Dengerin post-rock di hutan pinus malem-malem dingin itu memang emotive banget deh ternyata. Sampai-sampai si personel bandnya biasanya ngancurin sesuatu di akhir lagu. Minimal matahin stick drum, atau ada juga yang sampe bolongin tom-tom drum trus dilempar ke penonton. Pengen pukpuk mereka rasanya. Hehehe.

Space and Missile



Saya kurang bisa mendeskripsikan musik post-rock karena ya sama-sama aja kayaknya musiknya. Tapi si Space and Missile ini asik. Mereka juga udah punya album.

Setelah itu ada Serayu Jingga, yang saya nggak dengerin karena pas itu saya ngantri toilet. Lalu lanjut lagi

Anjing Balada

Anjing Balada idolaku!

Saya sempet curiga Anjing Balada ini bukan band beneran, karena vokalisnya nyeleneh banget.  Di awal dia topless ga pakai baju padahal malem itu dingin banget. Di tengah-tengah dia lanjut lepas celana dan cuma pake kancut doang. Luar biasa. Musiknya asik sih, tapi liriknya ngga banget. Ada lagu yang liriknya cuma "Satanic, tapi takut setan" atau "Kabogoh aing geulis pisan, aingnya paspasan". Atau pas vokalisnya ngomong "Selanjutnya, ini lagu terbaru kami, judulnya Sheila on 7", eh pas dinyanyiin ternyata lagunya Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki. Hahahaha absurd dan bikin ga bisa berhenti ketawa. Di akhir mereka nyanyi Sepanjang Jalan Kenangan dan Kemesraan. Yang bikin semuanya nyanyi bareng-bareng.

Teman Sebangku


Duo folk yang vokalisnya asik banget suaranya. Effortlessly cool. Di akhir-akhir mereka kedatangan satu orang additional yang main ukulele dan nyanyi juga. Mereka nge-cover lagu Wish You Were Here-nya Pink Floyd dengan aransemen yang nggak biasa dan keren. Perih banget dengernya.

Rusa Militan

Rusa Militan idolaku banget!



Baru pertama kali dengerin mereka dan langsung jatuh cinta! Selama ini sering denger namanya tapi nggak pernah ngecek-ngecek soundcloudnya dan ternyata mereka keren bangetttt. Musiknya bikin pengen joget asik dan vokalisnya juga joget asik sepanjang lagu. Gak sabar nungguin album mereka.

Tigapagi


Gak usah dijelasin lagi kalo yang ini, idola nomer satu dan selama ini memang selalu ngejer mereka tiap manggung di Jakarta. Kalau ngga ngerti kenapa, coba dengerin Roekmana's Repertoire berulang-ulang. Sayangnya mereka mainnya cuma bentar karena jadwal yang kacau akibat hujan sorenya. Cuma bawain 6 lagu dari 10. Tapi senangnya, karena akhirnya berhasil kenalan sama Sigit dan foto bareng. Hahaha.

Tigapagi selesai main sekitar jam 1 pagi dan kita pun langsung tidur di... mobil. Karena tenda yang gak memungkinkan untuk ditiduri. Hahahaha. Pagi-pagi saya kebangun dan keliling area camping sendirian karena yang lain masih nyenyak tidur. Kabut mistis di mana-mana.





Balik ke mobil, udah pada bangun dan akhirnya jalan-jalan lagi ke kebun teh. Udah mulai hangat karena matahari mulai muncul.



Muka kurang tidur dan belum mandi. Dipotoin Danceu.




Sekitar jam 9an, panggung mulai hidup kembali. Dan ternyata di hari kedua ini bandnya makin asik-asik. Sampai-sampai saya keasikan dengerin dan lupa motret-motret mereka.

Tetangga Pak Gesang

Pagi yang menyenangkan bersama Tetangga Pak Gesang

Kalau band lain mainnya di panggung, dua cewe ini lebih milih main di tengah pohon-pohon pinus tanpa pengeras suara. Jadi yang nonton pada berdiri melingkar gitu deh. Asik dan seru! Lagu-lagunya sederhana tapi mengena. Dan mereka selalu ngajak penonton buat nyanyi bareng-bareng.

Mr. Sonjaya



Mr. Sonjaya idolaku. Suara vokalisnya asik berat dan dalam gitu. Sekilas terdengar mirip Float, but I like Mr. Sonjaya more.

Deugalih & Folks

Kemana aja sih saya selama ini baru tau ada band sekeren ini? Vokalisnya super bersahaja, awalnya kami semua ngira dia soundman pas checksound karena tampilannya yang super sederhana. Eh pas bandnya mulai main kok dia ngga turun-turun. Ternyata pas mulai nyanyi, mennnn berkharisma sekali diaaa. Kang Deugalih, aku ngefans!

Parahyena

Pas mereka main, saya lagi lagi ngantri toilet. Haha. Tapi dari jauh aja udah kedengeran kalo musiknya asik dan bikin pengen joged. Coba deh didengein soundcloudnya.

Under The Big Bright Yellow Sun



Dari semua band post-rock yang kemarin main, yang satu ini paling favorit! Musiknya unik dan enak buat ngelamun.

Mustache & Beard



Pertama kali dengerin mereka pas launching taman musik Bandung tahun lalu. Pas itu kerasa asik dan ceria lagu-lagunya. Sampai kemarin saya bela-belain pulang agak lama karena nunggu mereka main. Tapi kemaren rada kecewa gitu karena playlist lagunya kebanyakan baru dan suram lagu-lagunya. Why, mustache, why?

Overall, saya senang senang senang sekali kemarin. Musik yang asik, tempat yang keren, dan teman-teman yang super asik. I couldn't ask for more.



Salam Indie!
*naon

5 comments:

  1. mba miraaa, ini bikin sirik bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Ntar taun depan kalo ada lagi jangan sampe ketinggalan Szaaa

      Delete
  2. Wah nampak seru ya acaranya~ sayangnya hujan euy...

    ReplyDelete
  3. Mamang Galih idolaku! Nada Fiksi juga!

    *semua aja diidolain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya idolaku! Aku idolaku juga. Hahahaa

      Delete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS