Menelusuri Jejak Harry Potter di London

Tuesday, September 27, 2016

Kalau lagi main ke London, sehabis mengunjungi Warner Bros Studio Tour, jangan lupa untuk ikut Harry Potter walking tour. Gratis*! Tinggal lihat saja jadwal tour dan meeting pointnya dan kita tinggal datang gak perlu booking apa pun. Kemarin saya ikut tour dari http://strawberrytours.com. Meeting pointnya di Leicester Square dan tour berlangsung sekitar 2 jam. Kita akan diajak jalan kaki ke tempat-tempat yang ada hubungannya dengan Harry Potter. Guidenya sangat informatif dan akan cerita banyak banget hal menarik dan fun facts yang kebanyakan saya belum tau. Seru abisss. Tapi karena saya baik hati, saya akan tulis sebagian kisahnya di sini. Hehe.

Alex, tour guide kami hari itu.

Perhentian pertama adalah Trafalgar Square, semacam alun-alun yang letaknya ada di depan The National Galery. Tempat ini muncul di film Harry Potter and the Half Blood Prince saat para Death Eaters datang ke London sebelum menuju Millenium Bridge. Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat diselenggarakannya event premiere Harry Potter and the Deathly Hallows Part.2 yang merupakan event premiere film terbesar di dunia dengan red-carpet terpanjang yang membentang dari mulai Trafalgar Square ke Leicester Square. Kerennya lagi, film ini juga diputar di 3 bioskop yang ada di Leicester Square, padahal biasanya masing-masing bioskop akan memutar film yang berbeda agar tidak memonopoli pasar. Luar biasaaa Harry Potter.


The National Gallery

Trafalgar Square


Lanjut dari Trafalgar Square ke Scotland Place yang jadi lokasi shooting waktu Harry, Ron, dan Hermione mau menyusup ke Ministry of Magic di film Deathly Hallows Part 2. Ternyata David Yates, sutradara film Harry Potter itu anaknya perfeksionis abis. Karena menurutnya jalanan di sini udah oke, tapi kurang greget, jadi lah mereka bangun jembatan khusus buat hari itu aja. Dan juga ngeganti pintu gedungnya jadi kayu. Cuma untuk shooting yang scene-nya palingan cuma sekian detik.


Jadi dulu J.K Rowling bekerja di International Amnesty yang letaknya memang di sekitaran situ. Jadinya inspirasi dia dalam menulis Harry Potter memang datang dari tempat-tempat yang ia lewati setiap hari. Seperti misalnya rumah-rumah di jalanan di atas. J.K Rowling pernah punya imaginasi di mana ada rumah tersembunyi di antara rumah-rumah tersebut, yang akhirnya jadi ide untuk mewujudkan Grimmauld Place, rumah Sirius Black yang menjadi markas Order of the Pheonix.

Patung emas di depan South Africa Embassy ini menjadi inspirasi Gringotts. Sementara interior Gringotts menggunakan hall dari Australian Embassy.

Gang cantik berisi banyak toko buku ini menjadi inspirasi J.K. Rowling membuat Diagon Alley

Dan nggak jauh dari situ ada gang sempit yang menjadi inspirasi untuk menciptakan Knockturn Alley.


Knockturn Alley


2 jam berakhir dengan cepat. Dan tour akhirnya berakhir lagi di Leicester Square. Rasanya sehabis ikut tour ini saya jadi pengen nonton ulang semua film-filmnya deh. Highly recommended!

*Tapi meskipun katanya gratis, tapi sebenarnya konsepnya adalah bayar seikhlasnya. Ya kalau puas bisa kasih banyak, tapi kalau pun nggak bayar sebenernya gapapa juga :))

4 comments:

  1. Ah! Aku sering banget denger tentang tour ini... tapi selalu ragu untuk nyoba :( keliatannya seru banget kaaak :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. seruuuu banget dan harus dicoba! 2 jam jalan kaki muter2 gak berasa sama sekali. hehehe

      Delete
  2. Seru banget kaak! Duh baca-baca ceritanya jadi makin pengen lanjut kuliah di London huhu. Salam kenal, kak Mira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuuk lanjut kuliah ke sini. meskipun susah tapi seru. haha.
      salam kenal juga Mirza!

      Delete

 
MIRA AFIANTI - TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS