Skaftafell National Park

by - April 05, 2019


Sebenarnya, tempat ini tidak ada di dalam rencana perjalanan selama di Iceland. Akan tetapi, di perjalanan pulang menuju Reykjavik dari Djúpivogur, kami semua mendadak ingin berkunjung lebih dekat ke gunung glacier yang terlihat dari kejauhan. Setelah melihat peta, ternyata ada Skaftafell National Park di mana kita bisa melihat glacier dari dekat, bahkan berjalan di atasnya.

Skaftafell National Park adalah bagian kecil dari Vatnajökull National Park yang lebih luas. Di sini terdapat Skaftafellsjökull glacier dan Svartifoss waterfall yang mengalir dari ketinggian 20 meter di antara batuan-batuan bassalt column (batu-batuan berbentuk hexagon yang terbentuk dari aktivitas vulkanik, seperti yang ada di black sand beach). Namun berhubung kami lebih penasaran dengan glacier karena sudah terlalu sering melihat air terjun selama di Iceland, kami langsung bergerak menuju ke Skaftafellsjökull saja. Dari parkiran mobil, kami masih harus berjalan lumayan jauh. Perjalanannya jalan kaki yang sungguh menyenangkan! Karena saat itu cuaca sedang sangat cerah dan pemandangan di sekitar sungguh indah.

Menuju glacier, terlihat dekat.

Air terjun di mana-mana~


Almost there!

Sampai! Kita bisa explore Skaftafellsjökull dengan mengikuti glacier tour. Karena untuk berjalan di atasnya, dibutuhkan peralatan yang khusus.

Karena gak terlalu ingin jalan di atas es (baca: ga punya uang), maka kami menikmati pemandangannya dari jauh saja :D





Entah mengapa rasanya sulit sekali melanjutkan menulis tentang Iceland, karena saya merasa lebih mudah untuk menggambarkan keindahannya dengan menggunakan foto dibandingkan dengan tulisan. Saya masih ingat betapa kami semua memekik kagum melihat pemandangan yang ada di sana. Terlalu surreal untuk dideskripsikan. Apakah ini benar-benar di bumi? Even these pictures won't do the justice! 

Kami diam di sana cukup lama; menikmati udara Iceland yang sedang lumayan hangat sambil melepas satu layer jaket, mencoba mengabadikan setiap sudut dengan kamera, dan menyicipi air lelehan glacier (yang rasanya segar sekali! - untung perut kami baik-baik saja setelahnya). 







Sipping a cup of coffee with a view.

On our way to the next stop.

Seperti daerah wisata lain di Iceland, tempat ini gratis tapi sangat terawat sekali. Tidak ada satu titik sampah pun yang kami temukan di sana. Saya diam-diam berdoa agar global warming tidak semakin parah, agar anak dan cucu saya kelak bisa menikmati tempat indah ini! Iceland is definitely the most beautiful part on earth that I've ever been. No doubt.

You May Also Like

0 comments