Iceland : Black Sand Beach & Glacier!

by - February 05, 2019

Melanjutkan perjalanan menulusuri jalur Selatan Iceland, setelah Seljalandsfoss dan Skógafoss kita akan menemui sebuah pantai unik berpasir hitam bernama Reynisfjara. 

Reynifsjara: Black Sand Beach.

Biasanya, pantai selalu mempunyai aura yang cerah dan ceria; musim panas, pasir putih, air dan langit yang biru, hangat. Ketika sampai di Reynifsjara, mood yang diciptakan benar-benar terbalik 180 derajat; langit suram kelabu, pasir hitam, dan orang-orang yang mengancing winter-coat hingga ke pangkal leher, rapat-rapat. Moody, and somehow otherworldly. Saya langsung terbayang scene ketika Dumbledore mencoba untuk menghancurkan salah satu Horcrux-nya Voldermort.



Selain pasirnya yang hitam, di pantai ini  juga ada tumpukan basalt column yang unik, seperti yang pernah saya temui juga di Giant's Causeway, Northern Ireland. Batu-batuan ini terbentuk dari hasil pendinginan lava yang keluar saat erupsi. Mungkin bagi para Geologist, daya tarik tempat ini akan naik beberapa kali lipat. 

      

Tidak jauh dari bibir pantai, ada dua batu raksasa yang berdiri tinggi menjulang. Makin menambah kesan mistis di pantai ini. Menurut legenda, kedua batu ini adalah trolls (sejenis monster) yang sedang mencoba menarik kapal dari laut menuju daratan di malam hari. Akan tetapi, karena kedua trolls ini rabun, mereka tidak sadar ketika fajar menyingsing, dan cahaya matahari pun merubah mereka menjadi dua batu besar. 


Basalt column


Parkiran mobil



Jökulsárlón: The Glacier Lake

Salah satu keajaiban alam Iceland yang terkenal adalah danau glacier. Kapan lagi kan bisa lihat danau berisi bongkahan-bongkahan es raksasa? Awalnya, danau ini terbentuk karena glacier yang surut dari tepi Samudera Atlantis. Danau pun mulai terbentuk dan semakin membesar seiring dengan mencairnya glacier. Saat ini, danau ini berjarak 1.5 km dari bibir pantai. 

Di sini, efek global warming begitu terasa, karena danau ini semakin membesar seiring berjalannya waktu, sebagai akibat dari balok es yang terus mencair. Sekarang, Jökulsárlón adalah salah satu danau terdalam di Iceland.


Hello!


Kami semua tak henti-hentinya kedinginan terpukau dan mengambil foto banyak-banyak di sini. Rasanya kayak udah sah sampai di Iceland karena udah lihat glacier secara langsung. Maklum, biasanya liat balokan es gede itu di warung yang biasa dibawa sama mamang-mamang naik becak :))

Surreal view



Di seberang Jökulsárlón, ada pantai berpasir hitam yang dipenuhi oleh bongkahan-bongkahan es yang terdampar.






Mystical view


You May Also Like

2 comments

  1. Miiiir, ku jadi makin pengen ke Iceland!! HU. Terus ngeliat foto - foto kamu di postingan ini, Iceland berasa kaya di planet lain yaa X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus jalan selama masih deket dan masih se-visa zuuuu!

      Delete