Iceland: Land of Waterfalls

by - January 19, 2019

Kembali lagi ke catatan perjalanan Iceland, yang rasanya suliiiit banget untuk diteruskan, berhubung menyortir ribuan foto bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi daripada semakin malas dan semakin lupa, saya bertekad untuk menyelesaikan cerita Iceland sebelum menulis yang lain-lainnya. *kencengin iket kepala.

Ada banyak banget yang nanya, "apakah di Iceland banyak es?". Ya berhubung arti dari Iceland secara harafiah adalah tanah es.
Jawabannya: dibandingkan dengan es, saya lebih banyak menemukan air terjun dan pelangi.

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat perbukitan hijau dengan air terjun di sana sini. Dari mulai yang kecil hingga yang gede banget dan membuat mulut menganga takjub. Di postingan kali ini, saya akan menuliskan beberapa air terjun besar yang lumayan terkenal di sana, selain Gulfoss yang sudah saya tuliskan di postingan sebelumnya.

Fun fact: Foss, dalam bahasa Icelandic berarti air terjun. Maka dari itu semua air terjun di negara ini akan berakhiran foss. 

Hjálparfoss

Air terjun ini letaknya lumayan terpencil dan memerlukan sedikit off-road, berbeda dengan air terjun lain yang umumnya sudah punya akses yang mumpuni. Kami sempat bingung mencari lokasi air terjun ini karena keadaan di lapangan yang sedikit berbeda dari Google Maps.

Tidak ada tanda-tanda air terjun saat kami memasuki jalan berbatu lalu tiba-tiba muncul lah pemandangan indah ini. Rasanya mau nangis terharu. Indah sekali. These pictures don't do the justice. 

Langit mendung lalu hujan turun dengan deras ketika kami sampai di sini. Tapi beberapa menit kemudian, hujan berhenti, matahari bersinar, dan pelangi melengkung dengan indahnya. Cuaca Iceland memang gemar bercanda. 


Three happy kids!


Hjálparfoss adalah air terjun perpaduan dari dua sungai, yaitu Fossá dan Þjórsá, yang kemudian membentuk sebuah kolam kecil yang tenang. Kalau summer, mungkin saya udah langsung berenang di situ. Kalau kemarin mah, buka sarung tangan untuk motret aja rasanya udah sulit banget :))


Seljalandsfoss

Air terjun ini terletak di jalur Selatan Iceland, jalur yang hampir pasti akan dilewati oleh turis-turis. Pokoknya, if you only have tight schedule in Iceland, opt for Golden Ring and South Coast. Seljalandsfoss adalah air terjun pertama yang akan kalian temukan di jalur Selatan, jika berjalan dari arah Reykjavik.

Air terjun ini unik, karena kita bisa berjalan di belakangnya. Hal itu tidak saya lakukan karena saat sampai di sana, karena  saat itu hujan badai turun beserta angin kencang. Kombinasi hujan badai dan terpaan air terjun yang deras? Tidak terima kasih.

Kapan ya bisa nonton Sigur Rós manggung di sini?

Di sebelah kanan itu adalah jalur untuk menuju ke belakang air terjun.

Gljúfurárfoss

Tidak jauh di kiri Seljalandsfoss, ada air terjun lain bernama Gljúfurárfoss. Air terjun ini unik karena letaknya tersembunyi di balik bebatuan. 


Air terjun yang tersembunyi


Seljalandsfoss di kejauhan

Skógafoss

Berkendara sedikit dari Seljalandsfoss, masih di jalur Selatan, ada air terjun lain bernama Skógafoss. Ini adalah salah satu air terjun terbesar di Iceland, dengan lebar sekitar 15m. Kami sungguh beruntung sekali bisa mengunjungi air terjun ini di keadaan cuaca yang sangat cerah dengan matahari bersinar.


Karena cipratan airnya yang besar dan konsisten, double rainbows seperti ini akan selalu terlihat di saat matahari bersinar. Indah banget :')


Kalau ke sini, harus banget untuk naik ke atas air terjun melalui jalur bertangga yang telah disediakan. You'll thank me later. Karena ternyata, keindahan air terjun ini masih berlanjut di atas. 

The double rainbows, as seen from above. 

Air mulai turun

Air terjun lain di atas Skógafoss





--

Selain air terjun di atas, ada banyaaaak lagi air terjun yang bisa dikunjungi di Iceland. Jadinya, terakhir kali saat mampir ke Vatnajökull national park, di mana ada air terjun lain, saya dan teman-teman sampai bilang, "no more waterfall, please". Sangking bosennya lihat air terjun melulu. Dan kami pun akhirnya memutuskan untuk lihat glacier saja. More on that later.

Masya Allah, kenapa Iceland indah banget sih? Ketika di sana, saya dan teman-teman sampai gak henti-hentinya melongo dan bilang "ini di mana siiiih?". Rasanya jadi ingin balik lagi ke sini dengan orang-orang yang disayang.

So, which waterfall is your favourite?

You May Also Like

0 comments