Bermain ke Rumah Satsuki dan Mei


Ketika tau kalau akan ke Jepang lagi, saya langsung pesan ke Junda untuk menyisipkan Nagoya di itinerary kami. Satu-satunya alasan kenapa saya ngebet banget ke Nagoya adalah karena di sana ada replika life-sized dari rumah Satsuki dan Mei, seperti yang ada di film My Neighbour Totoro. 

Rumah ini terletak di sebuah taman yang luasss sekali bernama Aichi World Expo, yang terletak di pinggiran kota Nagoya. Sebenernya untuk masuk ke tamannya sendiri sih gratis, tapi untuk masuk ke bagian rumah Satsuki dan Mei ini, ada entrance fee sebesar 510 yen yang bisa dibeli langsung secara online, di Lawson, atau langsung on the spot. Saat itu kami belinya on the spot karena ternyata ga ramai-ramai banget di sananya.

Sama seperti Museum Ghibli, pengunjung harus ikut jadwal tertentu untuk berkunjung. Setiap slot berdurasi selama sejam, ditemani oleh seorang pemandu. Sayangnya saat itu hanya kami pengunjung asing, jadinya sang pemandu ngomong menggunakan bahasa Jepang. Tapi beliau cukup baik untuk memberikan kami secarik kertas berisi guide dalam bahasa Inggris, dan beberapa kali nyamperin untuk ngajak kami ngobrol.


Related image
Satsuki dan Mei, in the movie

The house! Kalau dilihat-lihat, atap rumahnya mirip telinga Totoro!

Excited sekaliiiii karena rumahnya persisss banget dengan yang ada di film. Setiap detail diperhatikan dengan sangat jeli. Bahkan ada bibit-bibit yang disemai seperti di scene di film, ketika Mei dan Totoro menari "ookikunare~" (read: cepatlah besaar!) agar bibitnya cepat tumbuh.





Ruang kerja ayahnya Mei dan Satsuki, yang merupakan professor Arkeologi.





Rumah Mei dan Satsuki ini adalah campuran rumah bergaya Eropa dan Jepang klasik. Di sini kita serasa dibawa kembali ke setting tahun 1955 - 1964. Semua properti terasa jadulnya, misalnya di lacinya Mei ada kaleng permen Sakuma Drops, permen jadul yang juga muncul di film Grave of Fireflies. 

Sayangnyaaa, pengunjung gak boleh foto-foto di dalam. Padahal gemes banget ingin foto-foto setiap detailnya. Tapi emang dasar bandel, saya berhasil juga akhirnya untuk curi-curi foto sedikit :P


Mesin jahit sang Ibu :')


Image result for totoro movie backyard
Halaman belakang






Image result for totoro movie bucket
Kolong rumah tempat Mei melihat Susuwatari. Makhluk hitam kecil yang misterius.

  

Bak mandi, yang difoto diam-diam :))

Bajunya Mei dan Satsuki, too cute!
Pas dipegang, berasa kecil banget bajunya. Trus baru inget kalau Mei memang baru 4 tahun umurnya.



Totoro is dat u?

The whole house view from a tower nearby.

Image result for totoro movie bucket
Kami pun mengakhiri kunjungan ini dengan sebuah foto yang diambil oleh Mei dengan teknik framing ember bolong

:)

No comments